MANAGING BUSINESS ETHIC CHAPTER 1|| INDONESIA VERSION


Mengelola Etika Bisnis

Bab 1

Treviño & Nelson - Edisi ke-5

+ Bab 1 Ikhtisar
◼ Bencana Keuangan 2008
◼ Bergerak Melampaui Sinisme
◼ Bisakah Etika Bisnis Diajarkan?
◼ Buku ini Tentang Mengelola Etika dalam Bisnis
◼ Etika dan Hukum
◼ Mengapa Harus Etis? Kenapa mengganggu? Siapa peduli?
◼ Pentingnya Kepercayaan
◼ Pentingnya Nilai
◼ Bagaimana Buku Terstruktur

+ Bencana Keuangan 2008




+ Para Pemain

Lembaga Pemeringkat Pergi ke publik dan menjadi pemegang saham; dibayar biaya oleh perusahaan mereka seharusnya menilai; mengikuti saran bank investasi tentang cara menilai hipotek sekuritas (peringkat AAA sementara banyak yang benar-benar sampah)
CEO Sebagian besar kompensasi mereka didorong oleh harga saham - ini memfokuskan mereka pada jangka pendek; Juga banyak yang tidak memahami produk keuangan canggih yang dijajakan perusahaan mereka
Profesional Keuangan Membayar gaji dan bonus besar untuk hasil jangka pendek
Penggagas Hipotek Standar pinjaman yang santai dan menciptakan produk-produk canggih
konsumen tidak mengerti
Regulator “Asleep at the switch” - juga mencari pekerjaan mereka berikutnya (bergaji tinggi) di industri keuangan (yang mereka atur)
Legislator Melobi dan “dibayar” oleh industri keuangan untuk melonggarkan peraturan - “itu
pasar bisa mengatur dirinya sendiri ”
Investor Perusahaan yang dihukum yang tidak memberikan pengembalian besar
Pemilik rumah Membeli lebih banyak rumah daripada yang mereka mampu. Nilai rumah anjlok dan hipotek "di bawah air" - nilai rumah tenggelam dan bernilai kurang dari hipotek mereka


+ Hasil Bencana Keuangan
◼ Kegagalan atau kontraksi bisnis
◼ Dana talangan pemerintah
◼ Pengangguran
◼ Distress konsumen: penyitaan dan kebangkrutan
◼ Reputasi yang compang-camping (perusahaan, industri, negara)
◼ Merosotnya kepercayaan pada pemerintah dan institusi



+ Bergerak Melampaui Sinisme
◼ Edelman Trust Barometer (2009):
◼ Lebih dari separuh responden mengatakan mereka memercayai bisnis kurang dari yang mereka lakukan setahun yang lalu
◼ Lebih buruk di AS
◼ Tidak ada penurunan di negara-negara BRIC (Brasil, Rusia, India, Cina)
◼ Kasus bisnis untuk kepercayaan:
◼ 91% konsumen membeli produk dari perusahaan yang mereka percayai
◼ 77% konsumen menolak untuk membeli produk dari perusahaan
mereka tidak percaya


+ Sumpah MBA
Sebagai pemimpin bisnis, saya mengakui peran saya dalam masyarakat.
◼ Tujuan saya adalah untuk memimpin orang dan mengelola sumber daya untuk menciptakan nilai yang tidak dapat dibuat oleh satu individu saja.
◼ Keputusan saya memengaruhi kesejahteraan individu di dalam dan di luar perusahaan saya, hari ini dan besok.
Karena itu saya berjanji:
◼ Saya akan mengelola perusahaan saya dengan loyalitas dan kepedulian, dan tidak akan memajukan kepentingan pribadi saya dengan mengorbankan perusahaan atau masyarakat saya.
◼ Saya akan memahami dan menjunjung tinggi, baik secara tertulis maupun dalam semangat, hukum dan kontrak yang mengatur perilaku saya dan perusahaan saya.
◼ Saya akan menahan diri dari korupsi, persaingan tidak sehat, atau praktik bisnis yang berbahaya bagi masyarakat.
◼ Saya akan melindungi hak asasi manusia dan martabat semua orang yang terkena dampak perusahaan saya, dan saya akan menentang
diskriminasi dan eksploitasi.
◼ Saya akan melindungi hak generasi mendatang untuk memajukan standar hidup mereka dan menikmati planet yang sehat.
◼ Saya akan melaporkan kinerja dan risiko perusahaan saya secara akurat dan jujur.
◼ Saya akan berinvestasi dalam mengembangkan diri saya dan orang lain, membantu profesi manajemen terus maju dan menciptakan kemakmuran yang berkelanjutan dan inklusif.
Dalam menjalankan tugas profesional saya sesuai dengan prinsip-prinsip ini, saya menyadari bahwa perilaku saya harus memberi contoh integritas, memunculkan kepercayaan dan penghargaan dari mereka yang saya layani. Saya akan tetap bertanggung jawab kepada rekan-rekan saya dan masyarakat atas tindakan saya dan untuk menegakkan standar-standar ini.
Sumpah ini saya buat dengan bebas, dan demi kehormatan saya.


+ Etika Bisnis Didefinisikan
◼ Prinsip, norma, dan standar perilaku yang mengatur
seorang individu atau kelompok


+ Mengapa Mengganggu Etika Pengajaran?
◼ Apel yang buruk didorong oleh
barel buruk
◼ Karakter yang baik tidak selalu
cukup
◼ Orang dewasa mengembangkan penilaian moral ke usia 30-an
◼ Perilaku dipengaruhi oleh
lingkungan Hidup

+ Kasus
Anda adalah Wakil Presiden organisasi menengah yang menggunakan bahan kimia dalam proses produksinya. Dengan itikad baik, Anda telah merekrut seorang ilmuwan yang sangat kompeten untuk memastikan bahwa perusahaan Anda mematuhi semua undang-undang lingkungan dan peraturan keselamatan. Orang ini memberi tahu Anda bahwa bahan kimia yang sekarang digunakan perusahaan dalam jumlah tertentu belum masuk dalam daftar Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) yang disetujui. Namun, telah ditemukan aman dan dijadwalkan untuk dimasukkan dalam daftar dalam waktu sekitar tiga bulan. Anda tidak dapat menghasilkan produk Anda tanpa bahan kimia ini, namun peraturan mengatakan bahwa Anda tidak seharusnya menggunakan bahan kimia tersebut sampai disetujui secara resmi. Menunggu persetujuan akan membutuhkan penutupan pabrik selama tiga bulan, membuat ratusan orang kehilangan pekerjaan, dan mengancam kelangsungan hidup perusahaan. Apa yang harus anda lakukan



KARAKTERISTIK INDIVIDU
Perbedaan Individu Bias Kognitif


KARAKTERISTIK ORGANISASI
Tekanan Kelompok dan Organisasi Budaya Organisasi

+ Hubungan Antara Etika dan Hukum

+ Mengapa Menjadi Etis? Siapa peduli?
◼ Perawatan individu
◼ Karyawan peduli
◼ Manajer peduli
◼ Eksekutif peduli
◼ Industri peduli
◼ Perhatian masyarakat



+ Buku Ini Dimulai Dengan Etika dan
Individu: Anda ...

... Kemudian pindah ke: Mengelola Etika dalam Organisasi ...
... lalu ke: Etika Organisasi & Tanggung Jawab Sosial


+ Uji Quotient Sinisme Anda
1 = Sangat Tidak Setuju 5 = Sangat Setuju
◼ Keuntungan finansial adalah yang terpenting dalam bisnis.
◼ Standar etika harus dikompromikan dalam praktik bisnis.
◼ Semakin sukses pelaku bisnis, semakin tidak etis perilakunya.
◼ Nilai-nilai moral tidak relevan dalam bisnis.
◼ Dunia bisnis memiliki aturannya sendiri.
◼ Pelaku bisnis hanya peduli tentang menghasilkan keuntungan.
◼ Bisnis itu seperti permainan yang dimainkan seseorang untuk menang.
◼ Dalam bisnis, orang akan melakukan apa saja untuk memajukan bisnis mereka
bunga.
◼ Persaingan memaksa manajer bisnis untuk menggunakan praktik teduh
◼ Motif laba menekan manajer untuk berkompromi dengan mereka
masalah etika.

Komentar